1. Apa saja manfaat manajemen dalam organisasi?
Jawab:
• Alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
• Manajemen yang baik akan memudahkan terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.
• Dengan manajemen, daya guna dan hasil guna unsur-unsur manajemen akan dapat ditingkatkan.
• Pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
2. Apa sajakah unsur-unsur dan fungsi manajemen?
Jawab:
Unsur–unsur manajemen terdiri dari: man, money, methode, machines, materials, dan market, disingkat 6 M.
3. Uraikanlah persamaan manajer lini dan manajer staf?
Jawab:
• Manajer lini adalah seorang pemimpin yang mempunyai wewenang lini (line authority), berhak dan bertanggung jawab langsung merealisasi tujuan perusahaan.
• Manajer staf adalah pemimpin yang mempunyai wewenang staf (staff authority) yang hanya berhak memberikan saran dan pelayanan untuk memperlancar penyelesaian tugas-tugas manajer lini.
4. Jelaskan pengertian dari Authority, delegasi authority, du characteristic, sentralisasi authority, desentralisasi authority, pemimpin dan kepemimpinan?
Jawab:
• Authority (wewenang) adalah alat atau dasar hukum untuk bertindak. Wewenang juga adalah kekuasaan resmi yang dimiliki seseorang untuk bertindak dan memerintah orang lain.
• Delegasi authority adalah kunci dinamika organisasi.
• Du characteristic adalah pihak bawahan menerima wewenang dari atasan, tetapi pada saat yang sama atasan yang bersangkutan tetap memiliki wewenang tersebut.
• Sentralisasi authority adalah bila sebagian besar kekuasaan masih tetap dipegang oleh pimpinan.
• Desentralisasi authority adalah apabila sebagian kecil kekuasaan dipegang pimpinan, sedangkan sebagian besar kekuasaannya didelegasikan kepada bawahan.
• Pemimpin adalah seseorang yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam mencapai suatu tujuan.
• Kepemimpinan adalah gaya seorang pemimpin mempengaruhi bawahannya, agar mau bekerja sama dan bekerja efektif sesuai dengan perintahnya.
5. Sebutkan serta jelaskan satu persatu system manajemen, bidang-bidang manajemen , tingkat-tingkat manajemen, dan organization chart?
Jawab:
a. System manajemen
• Manajemen Bapak : Sifat kepemimpinananya bersifat kebapaan.
• Manajemen Tertutup : Manajemen yang kemampuannya hanya diketahui
dewan pemimpin atau dewan manajer.
• Manajemen Terbuka ( Partisipasi ) : Sifat kepemimpinannya terbuka dan
diketahui oleh sesama pihak karyawan maupun pimpinan.
• Manajemen Demokrasi : Sifatkepemimpinannya berdasarkan musyawarah.
b. Bidang-bidang manajemen
• Manajemen Sumber Daya Manusia
• Manajemen Pembelanjaan
• Manajemen Produksi
• Manajemen Biaya
• Manajemen Pemasaran
• Manajemen Perkantoran
• Manajemen Resiko
• Manajemen Berdasarkan Sasaran
• Manajemen Mutu ( TQC & QCC)
c. Tingkat-tingkat manajemen
• Manajer Puncak / Top Manager
Tanggung jawab dari manajer puncak adalah keseluruhan kinerja dan keefektifan dari suatu perusahaan. Manajer puncak juga yang melakukan hubungan dengan perusahaan lain dan pemerintah.
• Manajer Menegah / Middle Manager
Manajer ini bertugas mengimplementasikan strategi, kebijakan serta keputusan yang diambil oleh manajer tingkat atas atau puncak.
• Manajer Lini Pertama / First-Line Manager
Manajer tingkat bawah ini kebanyakan melakukan pengawasan atau supervisi para karyawan dan memastikan strategi, kebijakan dan keputusan yang telah diambil oleh manajer puncak dan menengah telah dijalankan dengan baik.
d. Organisasi chart
Bagan yang menunjukkan bagaimana departemen didalam organisasi di koordinasikan bersama-sama melalui suatu jalur wewenang dan bertanggung jawab. Penggambaran secara grafik yang menggambarkan struktur kerja dari suatu struktur organisasi.
6. Uraikan mengapa prinsip-prinsip dan definisi-definisi manajemen masih tetap berlaku pada Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)?
Jawab:
a. Prinsip-prinsip manajemen
• Pembagian kerja (Division of work)
• Wewenang dan tanggung jawab (Authority and responsibility)
• Disiplin (Discipline)
• Kesatuan perintah (Unity of command)
• Kesatuan pengarahan (Unity of direction)
• Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
• Penggajian pegawai
b. Definisi manajemen
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
7. Bagaimana hubungan antara manajemen dan SDM?
Jawab:
keduanya merupakan ilmu yang mengatur unsur manusia dalam suatu organisasi, agar mendukung terwujudnya tujuan.
8. Apa sajakah manfaat struktur organisasi?
Jawab:
• Pembagian kerja artinya setiap kotak akan mewakili tanggung jawab seseorang atau sub unit untuk bagian tertentu dari beban kerja organisasi.
• Informasi atasan dan bawahan artinya bagan organisasi akan menunjukan garis komando atau siapa atasan dan siapa bawahan.
• Jenis pekerjaan yang dilaksanakan artinya uraian kotak-kotak menunjukan tugas-tugas kerja organisasi atau bidang-bidang tanggung jawab yang berbeda.
• Pengelompokan bagian-bagian kerja artinya keseluruhan bagan menunjukan dasar pembagian aktivitas organisasi ( atas dasar wilayah, produksi, enterprise function, dan lain-lain ).
• Tingkat manajer artinya sebuah bagan tidak hanya menunjukan manajer dan bawahan secara perseorangan, tetapi juga hierarki manajemen secara keseluruhan. Semua orang yang melapor kepada oang yang sama berada pada tingkat manajemen yang sama, tidak jadi soal dimana kemunculan mereka pada bagan.
• Pimpinan organisasi artinya bagan organisasi menunjukansistem kepemimpinan organisasi, apa pimpinan tunggal ( segitiga ) atau pimpinan kolektif ( kerucut ).